IAIN Jember Buka Biro Konseling dan Layanan Psikologi

By Abdi Satria


nusakini.com-Jember-Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember membuka biro konseling dan layanan psikologi. Pembukaan biro konseling dan layanan psikologi dimaksudkan sebagai bentuk keseriusan pengembangan kualitas sumber daya manusia dan kelembagaan. 

Rektor IAIN Jember Babun Suharto mengungkapkan, biro konseling dan layanan psikologi pada Fakultas Dakwah menjadi bukti keseriusan civitas akademika untuk melakukan penguatan kelembagaan dari semua aspek. Dikatakan Babun, Fakultas Dakwah IAIN Jember memiliki program studi Psikologi Islam. Karena itu, penyediaan biro konseling dan layanan psikologi menjadi pelengkap dari sisi kelembagaan yang dapat dimanfaatkan baik bagi civitas akademika IAIN Jember maupun bagi masyarakat umum.  

“Biro konseling dan layanan psikologi akan kami maksimalkan. Keberadaan lembaga baru ini diharapkan memiliki kontribusi penting dalam upaya memahami dan mengenali potensi yang dimiliki mahasiswa, dosen, karyawan, serta masyarakat umum,” ungkap Babun saat meresmikan Biro Konseling dan Psikologi di Gedung Kuliah Terpadu IAIN Jember, Kamis (13/06). 

Sebagai tindak lanjut dari pengembangan biro konseling dan layanan psikologi yang dimiliki Fakultas Dakwah, pihaknya akan menggelar assesment ulang bagi pejabat eselon III dan IV dengan melibatkan biro konseling dan layanan psikologi. “Hasil yang dikeluarkan oleh biro konseling dan layanan psikologi ini, dapat kami jadikan evaluasi untuk melihat kelayakan para pejabat untuk menduduki jabatan tersebut,” tambah Babun yang juga Ketua Forum Pimpinan PTKIN. 

Dekan Fakultas Dakwah Ahidul Asror mengatakan, biro konseling dan layanan psikologi memiliki tiga psikolog yang telah memiliki sertifikasi psikolog. Menurutnya, tiga orang psikolog yang merupakan dosen pada Prodi Psikologi Islam Fakultas Dakwah IAIN Jember ini telah memiliki izin praktik. 

Asror berharap, keberadaan biro konseling dan layanan psikologi tersebut dapat memberikan manfaat serta menjadi media bagi masyarakat untuk mengembangkan potensi dirinya. 

“Kami berharap lembaga ini menjadi media untuk mendiskusikan berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat dengan solusi yang tepat. Pada konteks inilah, kontribusi civitas akademika Fakultas Dakwah IAIN Jember dapat dirasakan dengan baik di tengah-tengah masyarakat,” kata Asror. 

Koordinator biro konseling dan layanan psikologi Muhammad Muhib Alwi menambahkan, biro konseling Fakultas Dakwah IAIN Jember memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan layanan konseling dan psikologi pada umumnya. 

“Kelebihan kita pada nilai terapi Islamnya. Misalnya, jika ada pasien yang membutuhkan penanganan lebih lanjut, maka kita akan berikan terapi sesuai dengan nilai-nilai keislaman, seperti puasa sunnah dan berzikir. Intinya sesuai dengan nilai-nilai keislaman,” ungkap Muhib yang juga Dosen Fakultas Dakwah IAIN Jember. 

Hadir dalam peresmian ini seluruh wakil Rektor, Dekan Fakultas di lingkungan IAIN Jember, dan para Wakil Dekan Fakultas Dakwah IAIN Jember. (p/ab)